Contoh Uslub Ilmi dalam Al Qur'an

Uslub ilmi adalah uslub yang paling mendasar dan paling banyak membutuhkan logika yang sehat serta pemikiran yang lurus dan jauh dari khayalan syair. Berikut ini contoh uslub ilmi dalam Al Qur’an.

Karena uslub ini berhadapan dengan akal dan berdialog  dengan pikiran serta menguraikan hakikat ilmu yang penuh ketersembunyian dan kesamaran. Kelebihan yang paling menonjol dari uslub ini adalah kejelasannya.

Dalam uslub ini harus jelas faktor kekuatan dan keindahannya. Kekuatannya terletak pada kejelasan dan ketepatannya dalam argumentasinya. Sedangkan keindahannya terletak pada kemudahan ungkapannya, kejernihan tabiat dalam memilih kata-katanya dan bagusnya penetapan makna dari berbagai segi kalimat yang cepat dipahami.

Untuk uslub ini sebaiknya dihindari pemakaian kata atau kalimat majaz, permainan kata dan badi’ yang dibagus-baguskan kecuali bila tidak diprioritaskan dan tidak sampai menyentuh salah satu prinsip atau karakteristik uslub ini.

Sehingga, uslub ilmi ini harus memperhatikan pemilihan kata-kata yang jelas dan tegas maknanya serta tidak mengandung banyak makna, jauh dari aspek subjektif dan emotif. 

Kata-kata tersebut dirangkai dengan mudah dan jelas sehingga makna kalimatnya mudah ditangkap serta tidak menimbulkan banyak perbedaan penafsiran makna dari kalimat tersebut.

Biasanya uslub ini digunakan dalam buku- buku  berwacana ilmiah, buku kuliah, sekolah dan pendidikan.

Contoh uslub ilmi dalam Al Qur'an

1. أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ

Artinya: Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

2. إِنَّهُ فَكَّرَ وَقَدَّرَ,  فَقُتِلَ كَيْفَ قَدَّرَ, ثُمَّ قُتِلَ كَيْفَ قَدَّرَ

Artinya: Sesungguhnya dia telah memikirkan dan menetapkan (apa yang ditetapkannya). Maka, binasalah dia. Bagaimanakah dia menetapkan? Kemudian, binasalah dia. Bagaimanakah dia menetapkan?

Baca juga: Pengertian Uslub Bahasa Arab beserta Contohnya


Share: